Wednesday, January 4, 2017

3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik

Halo, sob. Seperti yang kau ketahui, bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet. Khususnya, kalau itu berkaitan dengan data di dalam Akun Internet Pengguna. Jika seseorang mengetahui kunci tersebut, maka ia akan bisa melihat, membaca dan memakai data tersebut melalui akun nya.


Namun, di Internet ini, perjuangan pencurian data ini seringkali terjadi dan ini memang problem yang serius. Sehingga, kalau berhasil, maka data Anda sanggup di saluran tanpa se-pengetahuan Anda (seperti Akun Sosial Media, E-Commerce, Bank, dll).


Menurut Pakar Keamanan IT, kalau Anda ingin mengamankan akun Anda, maka salah satu hal yang harus Anda lakukan yaitu memakai Kata Sandi yang berbeda-beda atau acak di setiap akun.


Namun, insan merupakan makhluk yang tidak tepat dan juga mempunyai keterbatasan, termasuk keterbatasan dalam hal mengingat kata sandi yang berbeda di tiap akun nya. Tidak mungkin Manusia menyerupai kita mengingat semua Kata Sandi yang berbeda-beda di setiap akun yang kita miliki, kan? Jangankan banyak akun, Kata Sandi Akun Facebook dan E-mail Anda pun mungkin pernah lupa.


Sedangkan, kalau Anda lupa dengan Kata Sandi nya saja, maka yang terjadi yaitu Anda tidak bisa memakai Akun tersebut, hingga memanfaatkan kemudahan “Forgot Password”. Tapi, kau gak mau gitu terus, kan?


Kamu mungkin bisa saja menyimpan Kata Sandi tersebut di dalam Browser, bahkan di secarik File Teks atau Sticky Notes tanpa perlu mengingatnya. Namun, metode tersebut di nilai tidak aman, alasannya yaitu orang lain bisa saja menemukan nya.


Apalagi, kalau Anda menyimpan nya di dalam Notepad/Sticky Notes, sedangkan Anda mempunyai banyak akun di Internet. Nah, bisa di bayangkan berapa banyak waktu dan tenaga yang di habiskan untuk mengelolanya?


Lalu, bagaimana biar kita sanggup menyimpan nya secara dengan Aman secara Efektif dan Efisien? Maka dari itu, gunakan lah Pengelola Kata Sandi (Password Manager). Lalu, apa Pengelola Kata Sandi yang harus saya gunakan? Simak artikel ini :)








Lisensi Artikel:

Artikel ini saya Lisensi kan dengan CC BY-SA 4.0 (Creative Common Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. Atau, bahasa Inggrisnya: Attribution-ShareAlike 4.0 International). Artinya, sebelum Anda memakai Artikel ini, baik mengcopas nya, atau menciptakan Artikel Turunan dari ini, untuk tujuan dan keperluan apapun, termasuk untuk kepentingan komersial sekalipun, Anda harus membaca, pelajari dan pahami Lisensi ini terlebih dahulu.


Saya melisensikan nya hanya untuk Artikel (Teks) ini saja, bukan untuk/tidak dengan Media Gambar/Cuplikan Layar yang ada di Artikel ini.


Untuk membaca dan memahami Lisensi nya, silahkan kunjungi Web Page nya di sini.


Terima kasih ^_^







3 Pengelola Kata Sandi Terbaik versi Saya


Seperti yang Anda ketahui, aneka macam Pengelola Kata Sandi yang beredar di Internet. Sebut saja ada LastPass, 1Password, DashLane, dll. Namun, Perangkat Lunak tersebut mempunyai keterbatasan yang terlalu banyak untuk versi Gratis nya (Seperti Jumlah Akun yang tersimpan, dan fitur lain nya), serta kalau Anda ingin menghapusnya, maka Anda harus berlangganan versi Premium nya.


Selain itu, Perangkat Lunak tersebut sumbangan Platform nya belumlah luas dan kebanyakan dari mereka bukanlah FLOSS (Free/Libre Open Source Software), melainkan Perangkat Lunak Berpemilik (Proprietary Software).


Setelah usang mencari yang lebih baik daripada tadi, akhirnya ketemulah ke tiga Perangkat Lunak ini, yang akan saya bahas disini, biar Anda bisa memakai salah satu nya. Apa saja Perangkat Lunak nya? Tanpa basa-basi, berikut di bawah ini yaitu Perangkat Lunak nya.








Sanggahan:


Dengan memakai Aplikasi Pengelola Kata Sandi, bukan berarti Akun Anda sudah kondusif sepenuhnya, masih banyak cara lain untuk mengamankan Akun Anda. Selain itu, Perangkat Lunak ini tidak menjamin 100% Aman dari celah keamanan yang ada di dalam Perangkat Lunak tersebut, namanya juga manusia.


Saya juga tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang di timbulkan sehabis memakai Perangkat Lunak tersebut, menyerupai Kehilangan Akun/Brankas, Lupa Kata Sandi Brankas, Kerusakan pada Brankas, atau segala resiko yang menjadikan Akun Internet yang tersimpan di dalamnya tidak sanggup di akses/di gunakan dengan semestinya, dll. Jadi, segala resiko sehabis memakai nya, itu merupakan tanggung jawab kamu.


Saya disini cuma mau memaparkan Aplikasi Pengelola Kata Sandi yang terbaik berdasarkan saya, dan sejauh saya memakai nya, saya tidak menemukan problem apapun dan bisa di gunakan dengan sangat baik. Ini bukan berarti Anda tidak akan mengalami problem juga, dan saya juga tidak menjaminkan bahwa Perangkat Lunak tersebut bekerja dengan baik bagi Anda.


Dengan memakai Perangkat Lunak tersebut (baik bagi yang membaca Pernyataan ini atau tidaknya), maka saya anggap bahwa Anda mengerti dan siap menanggung resiko yang ada, sehabis menggunakannya.


Terima kasih ^_^






#1: Bitwarden


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Salah satu logo resmi dari Bitwarden. Bisa Anda dapatkan logo-logo nya dengan mengunjungi Halaman Branding Bitwarden.

Bitwarden merupakan Perangkat Lunak Pengelola Kata Sandi yang di buat oleh Kyle Spearrin, yang merupakan Founder sekaligus CEO 8bit Solutions LLC. Perusahaan tersebut berasal dari Negara Bagian Florida di Amerika Serikat. Jadi, perusahaan tersebutlah yang bertanggung jawab atas pengembangan Bitwarden ini.


Dengan tersimpan nya akun/kata sandi di dalam Bitwarden, maka Data Anda akan di ‘segel’ dengan Enkripsi AES-256 bit, dan memakai PBKDF2 SHA-256 yang telah di-salt sebagai algoritma untuk mengamankan Kata Sandi Brankas yang Anda buat, dengan iterasi yang bisa Anda atur sendiri melalui Pengaturan Akun nya.


Pada versi Gratisnya, Anda bisa menyimpan Akun, Catatan Aman, Data Identitas, Data Kartu, dll dengan jumlah yang tidak terbatas. Jadi, Anda bisa menyimpannya berapapun jumlahnya, bahkan Anda bisa menyinkron nya secara otomatis sehabis menyimpan nya. Sehingga, akun yang Anda simpan, bisa di gunakan pada Perangkat lainnya sebanyak yang kau mau, alasannya yaitu tidak di batasi. Tidak menyerupai lain nya yang membatasi jumlah perangkat, atau jumlah akun yang tersimpan pada versi Gratis nya.


Terlebih, kalau Bitwarden ini merupakan Perangkat Lunak dengan Lintas Platform (Cross-Platform), yang artinya, perangkat lunak ini sanggup di gunakan oleh beberapa Platform sekaligus, menyerupai Windows, GNU/Linux, macOS, Android, iOS dan Hampir semua Web Browser.


Selain bisa di gunakan secara gratis dan Cross-Platform, Bitwarden ini bukanlah Perangkat Lunak Berpemilik, melainkan merupakan Proyek FLOSS. Karena proyek ini merupakan Proyek FLOSS, maka bisa di pastikan bahwa Perangkat Lunak ini bisa di percaya, dan mempunyai cara kerja yang transparan. Bahkan, alasannya yaitu itu, kabar baiknya, Bitwarden telah di audit keamanan nya oleh pihak ke-3 secara Independen.


Fitur yang paling unik dari Bitwarden yaitu kemampuan nya untuk memakai Server kita sendiri untuk menyimpan data-data tersebut. Jadi, kita bisa menyimpan semua Data, baik itu Data Akun, Catatan Aman, Identitas Kartu, dll di dalam server kita sendiri, asal punya server yang bisa di Install Docker, sih. Ini sangat cocok bagi Anda yang sangat paranoid, terutama terhadap keamanan Data.


Ngomong-ngomong, saya sendiri juga memakai Bitwarden sebagai Aplikasi Pengelola Kata Sandi Utama, dibandingkan dengan lain nya. Jadi, nantikan juga review nya, yah :-)


Fitur



  1. Penggunaan nya yang mudah, alasannya yaitu tampilan nya yang cukup higienis dan sederhana.

  2. Akun, Catatan Aman, Data Identitas, Data Kartu, dll bisa kau simpan berapapun jumlahnya, alasannya yaitu tidak di batasi. Dan, ini untuk versi Gratis nya.

  3. Anda bisa menyinkronisasikan (bahkan secara otomatis) di perangkat manapun dan di buka dengan Perangkat lainnya sebanyak yang kau mau. Karena tidak di batasi penggunaan dan jumlah Perangkat nya. Ini untuk versi Gratis nya.

  4. Data di ‘segel’ dengan memakai Enkripsi AES-256 bit dan PBKDF2 SHA-256 yang telah di-salt sebagai pengamanan kata sandi brankas.

  5. Telah di audit keamanan nya oleh pihak ke-3 secara Independen.

  6. Data bisa di impor dari Pengelola Kata Sandi lain nya, menyerupai LastPass, dll.

  7. Cross-Platform, yang artinya, Perangkat Lunak ini sanggup di jalankan oleh Platform yang berbeda.

  8. Untuk Integrasi dengan Web Browser, tersedia juga Ekstensi untuk hampir semua Web Browser yang ada.

  9. Mampu menghasilkan Kata Sandi atau Frasa Sandi (Passphrase) yang acak dengan aman. Dan, Anda sanggup menyesuaikannya.

  10. Bisa meng-hostkan Server Anda sendiri untuk menyimpan Data-data Anda yang tersimpan di dalam Aplikasi Bitwarden.

  11. Merupakan Proyek FLOSS (Free/Libre Open Source Software), dengan Lisensi GNU GPLv3. Bukanlah Perangkat Lunak Berpemilik (Proprietary Software).

  12. Ada beberapa Fitur Premium nya, menyerupai Menyimpan TOTP/2-Auth, menghasilkan Token 2-Auth/TOTP, 1 GB Penyimpanan File ter-enkripsi, mengecek kesehatan akun, mengecek Kata Sandi yang tersimpan, Dukungan Prioritas, dll.


Memang Bitwarden ini mempunyai Fitur Premium nya juga, yang mana mempunyai fitur tambahan, menyerupai yang saya sebut di atas. Harganya juga terlampau cukup murah, yakni $10/tahun saja. Namun, kalau Anda tidak pernah memakai 2-Auth/2FA, dan hanya menyimpan akun saja, ini sudah sangat cukup bagi Anda. Dan, Anda tidak perlu berlangganan Versi Premium nya kalo gitu.


Cuplikan Layar


Di bawah ini merupakan cuplikan layarnya bagi yang ingin tau Bitwarden itu menyerupai apa penampilan nya.


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan layar Utama Bitwarden dengan Tema Bawaan. Maaf kalo ada yang di blur, soalnya itu merupakan Akun saya dan menampilkan Username nya.

 


Cuplikan layar Utama Bitwarden dengan Tema Gelap atau “Dark” (Seterusnya akan di gunakan).

 


Cuplikan layar Menu Bitwarden

 


Cuplikan Layar Penghasil Kata Sandi di Bitwarden.

 


Cuplikan Layar mengenai Keanggotaan Premium di Bitwarden.

Kalo kau mau lebih banyak, silahkan ke Repository Branding di dalam Github nya, yang terletak di bab Kode Sumber nya. Setelah ini, kau bisa pribadi men-d0wnl0ad dan meng-install nya kalo kau minat.


Download (dan Install) atau cara mengaksesnya


Untuk cara mend0wnl0ad nya, silahkan kunjungi Situs Web Resmi nya. Atau, kalau Anda ingin pribadi disini, tanpa mengunjungi Situs Web nya, maka silahkan klik salah satu link berikut dan sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan:


1. Windows:



2. GNU/Linux: (Hanya untuk x64 atau 64-bit saja)



  • AppImage (Universal)

  • DEB | RPM (Tidak ada fitur Auto-update nya)

  • Install dengan Menggunakan Snap (Universal) : $ sudo snap install bitwarden

  • Menggunakan Flatpak (Universal, tapi tidak resmi) : $ flatpak install flathub com.bitwarden.desktop


Note: DEB untuk Debian, Ubuntu, Linux Mint dan Turunan nya, sedangkan RPM untuk Fedora, CentOS, RHEL, openSUSE dan Turunan nya. Dan, “Universal” disini maksudnya bisa di gunakan oleh ‘hampir’ semua Distribusi GNU/Linux.


3. macOS (untuk OS X Mavericks atau terbaru)



4. Platform Mobile



5. Ekstensi Web Browser



Note: Vivaldi dan Brave merupakan salah satu Web Browser turunan Chromium. Jadi, kalau Anda memakai turunan Chromium menyerupai kedua Browser tersebut, harap gunakan link d0wnl0ad ekstensi untuk Google Chrome atau Chromium yang tersedia di atas. Opera tidak di kategorikan demikian, alasannya yaitu Opera mempunyai Sistem Add-ons nya sendiri.


6. Akses melalui Web Browser


Selain bisa menginstallnya, Anda juga bisa mengakses dan memakai nya secara langsung, tanpa perlu meng-install perangkat lunak pihak ke-3 lain nya (selain Web Browser) melalui Bitwarden Web Vault yang URL nya: https://vault.bitwarden.com


Kode Sumber


Karena Bitwarden merupakan proyek FLOSS, maka Anda sanggup melihat Kode Sumber, atau memakai nya, bahkan bisa berkontribusi kalau Anda mau. Berikut di bawah ini merupakan Informasi mengenai Akses Kode Sumber nya.


URL Repository GitHub: https://github.com/bitwarden/



Nah, itulah pembahasan wacana Bitwarden kali ini. Tapi, masih belum selesai hingga disini saja, ada beberapa Aplikasi lain nya yang bisa Anda pertimbangkan, yakni:




#2: Buttercup Password Manager


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Salah satu logo Buttercup dan ini di dapatkan dari Website Buttercup. Kamu bisa mendapatkannya disini, atau melalui Repo Branding Buttercup kalo mau lebih banyak.

Buttercup Password Manager (atau di sebut “Buttercup” saja) merupakan Aplikasi Pengelola Kata Sandi yang di buat oleh dua orang, yakni Perry Mitchell dan Sallar Kaboli. Kedua nya berasal dari Finlandia, dan yap, tidak di bawah Perusahaan, tidak menyerupai Bitwarden.


Buttercup ini merupakan Aplikasi yang terbilang cukup baru, alasannya yaitu pertama kali di rilis pada Bulan Maret, tahun 2017 yang lalu. Tidak menyerupai Bitwarden yang sudah cukup lama, yakni sekitar tahun 2015 yang lalu.


Namun, meski begitu, pertumbuhan dan perubahan yang mereka lakukan cukup masif, sehingga ia mengalami penambahan fitur gres dengan cukup cepat. Karena cukup baru, dampak nya Buttercup hingga ketika ini belum menciptakan layanan untuk server, yang kemudian bisa kita Host sendiri.


Sehingga akibatnya, kita tidak bisa bergantung pada servernya untuk melaksanakan sinkronisasi, melainkan dengan Layanan Penyimpanan Awan (Cloud Storage) baik dari pihak ke-3 atau kau buat sendiri dengan Aplikasi Pihak ke-3. Tidak menyerupai Bitwarden, yang mana kita bisa Sinkronisasi melalui Layanan Cloud dari Bitwarden nya, bahkan kita bisa meng-hostkan servernya sendiri.


Buttercup mempunyai fitur yang cukup unik, yakni Sinkronisasi dengan memanfaatkan Layanan Penyimpanan Awan pihak ke-3, menyerupai Dropbox. Atau, melalui Layanan Penyimpanan Awan yang kau sendiri dengan nextCloud, ownCloud, bahkan memakai WebDAV mungkin bisa.


Karena masih baru, maka hingga kini Buttercup belum di audit keamanan nya. Namun, Akun yang Anda simpan disitu akan di ‘segel’ dengan AES-256 GCM/CBC dan memakai PBKDF2 SHA-256 yang telah di-salt untuk mengamankan kata sandi brankas nya, menyerupai mirip Bitwarden.


Fitur



  1. Tampilan nya yang sederhana dan menarik, serta penggunaan yang mudah.

  2. Sinkronisasi, Simpan atau buka Brankas dengan memakai Layanan Cloud Storage pihak ke-3, menyerupai Dropbox, Google Drive*, WebDAV. Atau, melalui Cloud Storage yang kau buat sendiri dengan ownCloud, nextCloud, dll.

  3. Data di ‘segel’ dengan memakai Enkripsi AES-256 bit GCM/CBC dan PBKDF2 SHA-256 yang telah di-salt sebagai pengamanan kata sandi brankas.

  4. Data bisa di impor dari Pengelola Kata Sandi lain nya, menyerupai LastPass, dll.

  5. Cross-Platform, yang artinya, Perangkat Lunak ini sanggup di jalankan oleh Platform yang berbeda.

  6. Untuk integrasi ke dalam Web Browser, tersedia juga Ekstensi untuk 2 Web Browser besar menyerupai Mozilla Firefox (dan turunan nya) dan Google Chrome (atau Chromium dan Turunan nya).

  7. Merupakan Proyek FLOSS (Free/Libre Open Source Software), dengan Lisensi GPL-3.0 (kecuali Website dan Ekstensi nya yang memakai Lisensi MIT). Bukanlah Perangkat Lunak Berpemilik (Proprietary Software).

  8. Perangkat Lunak ini bisa kau peroleh secara gratis, dan hingga ketika ini belum ada versi layanan berbayarnya.


* Note: Layanan Penyimpanan Awan Google Drive hanya bisa di gunakan pada Ekstensi Web Browser Buttercup nya saja. Tidak sanggup di gunakan pada Versi Desktop nya.


Cuplikan Layar


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan layar Utama Buttercup versi Desktop.

 


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan layar Buttercup ketika memasukkan Kata Sandi Utama untuk membuka salah satu Brankas (Master Password)

 


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan layar Buttercup ketika mengelola akun. Maaf, menyerupai biasa, saya blur dulu akun-akun lain nya, yah :)

 


Cuplikan layar Ekstensi Web Browser Buttercup yang telah di buka Brankas nya.

Jika Anda ingin Cuplikan Layar yang lebih banyak, silahkan kunjungi Kode Sumber nya.


Download (dan Install)


Untuk mend0wnl0ad nya, silahkan Anda kunjungi saja Situs Resmi Buttercup, yakni: https://buttercup.pw


Disitu, nanti Anda tinggal mengikuti petunjuk nya saja kalo mau mend0wnl0ad nya. Meski Buttercup mendukung Lintas Platform, tapi Buttercup cuma mendukung dua Web Browser Induk, yakni Google Chrome (Chromium dan Turunan nya) dan Mozilla Firefox (dan Turunan nya).


Kode Sumber


Karena Buttercup merupakan proyek FLOSS, maka Anda sanggup melihat Kode Sumber, atau memakai nya, bahkan bisa berkontribusi kalau Anda mau. Berikut di bawah ini merupakan Informasi mengenai Akses Kode Sumber nya.


URL Repository GitHub: https://github.com/buttercup/



Nah, itulah pembahasan wacana Buttercup kali ini. Tapi, masih belum selesai hingga disini saja, ada satu lagi Aplikasi lain nya yang bisa Anda pertimbangkan, yakni:




#3: KeePassXC


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Ini yaitu logo KeePassXC. Sumber: https://github.com/keepassxreboot/keepassxreboot.github.io

KeePassXC bekerjsama merupakan fork dari KeePassX (yang sudah tidak aktif) dan merupakan turunan dari KeePass dengan beberapa fitur suplemen dan UI yang terlihat “luas”. Bukan cuma itu saja, Aplikasi ini juga sanggup di jalankan di beberapa Platform yang berbeda, alasannya yaitu merupakan Cross-Platform yang mendukung Lintas Platform berbeda, sesuai Kepanjangan dari nama nya, yakni KeePass Cross-Platform Community Edition.


Masih sesuai dengan namanya, Aplikasi Pengelola Kata Sandi ini merupakan aplikasi yang di buat dan di gerakkan oleh komunitas (Community-driven App). Tapi sayangnya, menyerupai pada Perangkat Lunak utama nya, secara default tidak mempunyai fitur sinkronisasi apapun dan Aplikasi ini juga tidak mendukung Plugin/Add-on dari KeePass. Jadi, ketika sudah memakai KeePassXC, jangan harap kau bisa memakai Plugin dari KeePass, yah.


Selain itu, penggunaan nya memang tidak terlalu mudah, alasannya yaitu terlalu banyak fungsi-fungsi pada aplikasi, yang mana itu tidak di mengerti oleh pengguna Awam, alias terlalu “tingkat lanjut”. Dan, juga penggunaan nya yang fleksibel. Jadi, kalau Anda tidak mempunyai dasar Pengelolaan Kata Sandi, alias tidak pernah memakai Aplikasi Pengelola Kata Sandi sebelumnya, maka saya tidak menyarankan perangkat lunak satu ini.


Meski begitu, KeePassXC ini mempunyai fitur yang cukup lengkap, yang bahkan tidak ada di kedua Pengelola Kata Sandi lain nya, menyerupai bisa memilah-milih metode enkripsi dan Hash untuk melindungi Brankas, Menyimpan dan Menghasilkan TOTP/2-Auth Token, Penggunaan Keyfile untuk Enkripsi tambahan, dll.


Maka dari itulah kenapa saya tidak menyarankan Perangkat Lunak ini, selain tidak gampang di gunakan, takutnya nanti Anda salah atur Brankas nya. Seperti dalam halnya memilih/mengatur Metode Enkripsi dan Hashing pada Brankas, alih-alih ingin aman, malah jadi gak kondusif alasannya yaitu kau salah atur di bab tersebut. Apalagi, kalau kau tidak punya dasar untuk menentukan dan mengatur metodenya dengan baik.


Fitur



  1. Tersedia beberapa metode enkripsi untuk di pilih, seperti: AES, Twofish, dan ChaCha20. Semua nya mempunyai nilai entropi sebesar 256-bit.

  2. Tersedia juga beberapa Metode Hashing pada Kata Sandi, yang kemudian di gunakan untuk melindungi kata sandi pada brankas, seperti: AES-KDF dan Argon2. Opsi nya bisa Anda atur.

  3. Mampu menghasilkan Kata Sandi atau Frasa Sandi (Passphrase) yang acak dengan aman. Dan, Anda sanggup menyesuaikannya.

  4. Dapat menyimpan TOTP dan menghasilkan Token TOTP/2-Auth.

  5. Dapat terintegrasi dengan SSH Agent.

  6. Dapat memakai Berkas Kunci (Keyfile) atau/dan YubiKey sebagai pengamanan brankas tambahan.

  7. Data bisa di impor dari Pengelola Kata Sandi lain nya, menyerupai LastPass, dll.

  8. Cross-Platform, yang artinya, Perangkat Lunak ini sanggup di jalankan oleh Platform yang berbeda.

  9. Kompatibilitas terhadap berkas format dari Aplikasi lain nya, menyerupai KeePass2, KeePassX, MacPass, StrongBox, KeePassium, Keepass2Android, dan banyak lainnya. Karena memakai format KDBX 3.1 dan KDBX 4.0.

  10. Untuk Integrasi dengan Web Browser, tersedia juga Ekstensi untuk 2 Web Browser mayoritas, menyerupai Google Chrome (atau Chromium dan Turunan nya) dan Mozilla Firefox (dan Turunan nya).

  11. Merupakan Proyek FLOSS (Free/Libre Open Source Software), dengan Lisensi GPL-3.0. Bukanlah Perangkat Lunak Berpemilik.

  12. Dapat diperoleh semua nya secara Gratis.


Kalo kau mau melihat fitur lanjutnya, silahkan kunjungi halaman web resmi nya. Namun, sayangnya, KeePassXC ini tidak mempunyai Aplikasi untuk Platform Mobile nya. Meski begitu, Anda tetap sanggup memakai nya dengan Aplikasi lain, yang berbasis KeePass juga.


Contohnya, kalo kau memakai Android, bisa gunakan Keepass2Android, atau kalo kau memakai iOS (iPhone & iPad), bisa gunakan Strongbox atau KeePassium (Beta) atau kau juga sanggup memakai Aplikasi Lain nya selama itu berbasis KeePass dan mendukung format KDBX 3.1 atau di atas nya.


Cuplikan Layar


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan Layar KeePassXC ketika memasukkan Kunci Utama untuk membuka sebuah Brankas.

 


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan Layar Utama KeePassXC

 


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan Layar KeePassXC ketika mengatakan Informasi dari salah satu Akun yang tersimpan dari Browser.

 


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan Layar KeePassXC ketika menciptakan brankas.

 


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan Layar KeePassXC ketika menentukan metode Enkripsi dan Hashing untuk melindungi Brankas.

 


 bahwa Kata Sandi merupakan suatu kunci yang vital bagi Pengguna Internet 3 Aplikasi Pengelola Kata Sandi Terbaik
Cuplikan Layar KeePassXC ketika menampilkan Token TOTP.

Mau lebih banyak? Silahkan kunjungi halaman web resmi nya kalo kau mau melihatnya lebih banyak lagi.


Download (dan Install)


Untuk cara mend0wnl0ad nya, silahkan kunjungi Halaman Web Resmi nya. Atau, kalau Anda ingin pribadi disini, tanpa mengunjungi Situs Web nya, maka silahkan klik salah satu link berikut dan sesuaikan dengan sistem operasi yang Anda gunakan:


Note: Mungkin link di bawah ini suatu ketika tidak saya update, kalau Anda ingin terupdate, maka silahkan kunjungi saja halaman resmi nya.


1. Windows



  • Portabel (ZIP):

    32-bit

    64-bit

  • Installer (MSI):

    32-bit

    64-bit

  • Install memakai Chocolatey Package Manager: > choco install keepassxc


2. GNU/Linux



  • AppImage Resmi (Universal)

  • Install memakai Snap (Universal) : $ sudo snap install keepassxc

  • Install memakai Flatpak (Universal, tapi tidak resmi) : $ flatpak install flathub org.keepassxc.KeePassXC

  • Debian

    Install dari Repo Debian : $ sudo apt install keepassxc

    Install dari Paket Debian tidak resmi : https://github.com/magkopian/keepassxc-debian/releases

  • Ubuntu

    Install dari Repo Ubuntu : $ sudo apt install keepassxc

    Install dari Repo PPA Resmi : $ sudo -- sh -c 'add-apt-repository ppa:phoerious/keepassxc; apt update; apt install keepassxc'

  • Fedora : $ sudo dnf install keepassxc

  • Arch Linux : $ sudo pacman -S keepassxc

  • Gentoo : $ sudo emerge app-admin/keepassxc

  • openSUSE : $ sudo zypper install keepassxc

  • CentOS (tidak resmi) : https://copr.fedorainfracloud.org/coprs/bugzy/keepassxc/


3. macOS (untuk versi 10.12 atau di atasnya)



  • Berkas Biner

  • Install dengan memakai Homebrew Cask: $ brew cask install keepassxc


4. Web Browser



Note: Vivaldi dan Brave merupakan salah satu Web Browser turunan Chromium. Jadi, kalau Anda memakai turunan Chromium menyerupai kedua Browser tersebut, harap gunakan link d0wnl0ad ekstensi untuk Google Chrome atau Chromium yang tersedia di atas.


Kode Sumber


Karena KeePassXC merupakan proyek FLOSS, maka Anda sanggup melihat Kode Sumber, atau memakai nya, bahkan bisa berkontribusi kalau Anda mau. Berikut di bawah ini merupakan Informasi mengenai Akses Kode Sumber nya.


URL Repository GitHub : https://github.com/keepassxreboot



Nah, itulah pembahasan mengenai Pengelola Kata Sandi yang bisa Anda coba untuk menyimpan Akun Internet Anda dengan Aman. Sebenarnya, Artikel ini sudah saya akhiri disini, kalau Anda masih ingin membaca penutupnya, silahkan lihat Kesimpulan dan Penutup di tamat artikel ini.




Kesimpulan


Di Internet ini, perjuangan untuk melaksanakan pencurian data tidak ada henti nya. Dan, hal ini memang bisa di minimalisir kemungkinan berhasil nya dengan memakai Kata Sandi yang berbeda pada setiap akun.


Namun, insan merupakan makhluk yang tidak tepat dan juga mempunyai keterbatasan, termasuk keterbatasan dalam hal mengingat kata sandi yang berbeda di tiap akun nya. Karena kita mustahil mengingat semua akun Internet, bisa saja kita menyimpan nya ke dalam secarik kertas, berkas teks bahkan Sticky Note. Sayangnya, metode tersebut dinilai tidak aman, alasannya yaitu orang lain bisa melihat Informasi Akunmu kapan saja.


Sebagai solusi, kau bisa gunakan Aplikasi Pengelola Kata Sandi, hanya saja kebanyakan dari aplikasi tersebut mempunyai fitur yang kurang. Selain itu, kebanyakan dari mereka tidak mendukung salah satu dari 5 Sistem Operasi Mayoritas (Windows, macOS, GNU/Linux, Android dan iOS). Sehingga, itu belum tentu memenuhi kebutuhan Anda, apalagi kalau akun nya berjumlah banyak.


Maka dari itulah, saya membahas ketiga Pengelola Sandi terbaik berdasarkan saya, yang mana semua nya mendukung 5 Sistem Operasi yang sering di gunakan banyak orang. Hal ini, selain biar Anda bisa menyimpan semua akun Anda dengan baik alasannya yaitu fitur-fitur nya, Anda bisa membuka nya di Platform yang berbeda-beda, dibandingkan dengan Pengelola Kata Sandi menyerupai LastPass, DashLane, 1Password, dll.




Penutup


Terima kasih bagi Anda yang telah membaca Artikel ini. Mohon maaf, kalau di artikel ini adanya kesalahan pengetikan, gak nyambung hingga menciptakan anda tersinggung. Saya tidak bermaksud demikian, saya hanya bermaksud untuk menulis artikel disini, saya berusaha biar artikel ini dibaca oleh orang lain dari Internet.


Jika benar-benar adanya kesalahan pada Artikel ini, mungkin bisa anda beri Kritik dan Saran di dalam Kolom Komentar. Bahkan, kolom komentar bisa anda gunakan kalau anda membagikan pengalaman, ingin bertanya atau sekedar bilang “Nyimak” atau “Hi”.


Sudah sekian untuk artikel yang saya bagikan ini, dan semoga bermanfaat untuk anda. Terima Kasih ^_^



Sumber aciknadzirah.blogspot.com